Bila Kucing datang

kucing-comel

Kucing adalah hewan kesayangan Nabi.Sampai Rasulullah tidak mau mengganggu kucinganya Mueza yang tidur di atas pakainnya.

Bahkan ada juga sahabat yang terkenal yang dekat dengan kucing.Dialah Abu Hurairah (Bapak Kucing).Dalam sejarah beliau dikenal sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits. Dialah Bapak Kucing Kecil (Abu Hurairah), begitu orang mengenalnya. Kenapa beliau dikenal sebagai “Bapak Kucing”? Di waktu jahiliyah namanya dulu Abdu Syamsi ibn Shakhr Ad-Dausi, dan tatkala beliau memeluk Islam, beliau diberi nama oleh Rasul Muhammad dengan Abdurrahman. beliau sangat penyayang kepada binatang dan mempunyai seekor kucing, yang selalu diberinya makan, digendongnya, dibersihkannya dan diberinya tempat. Kucing itu selalu menyertainya seolah-olah bayang bayangnya. Inilah sebabnya beliau digelar sebagai “Bapak Kucing”.

Kita dan Kucing

Maka selayaknya kita juga memperlakukan kucing dengan baik sebagaimana teladan dari Nabi dan sahabatnya.Bukan malah lebih suka ANJING dibanding kucing.Kalaupun tidak suka kucing minimal tidak zhalim kepada kucing apalagi sampai menjelekkan pemilik atau orang yang suka dengan kucing.

Ketika kucing datang.

Biasanya kucing akan mendatangi rumah kita.Apalagi rumah yang membuatnya nyaman.Demikian pula bila ada orang yang baik kepadanya.Dia akan lebih sering berkunjung dan menghampirinya.Itulah kucing.Ingat dengan kebaikan manusia.

Saat mereka menghapiri.Janganlah mengusirnya.Justru dia datang menwarkan pahala dan kebaikan serta mengingatkan kita.

Terutama ketika dia lapar dan menghampiri kita dengan gaya ‘meminta’ ala kucing.Janganlah mengusirnya.Justru dia mengingatkan kita agar BERBAGI makanan.Bukan hanya padanya tapi juga pada sesama MANUSIA.

Di zaman sekarang rasa kikir sesama manusia sudah mewabah.Maka rubahlah perlahan dengan memberi makan pada si kucing.Tidaklah rugi dengan hanya memberi tulang ikan atau tulang ayam pada si kucing.Kucing mengajari kita bahwa semua harta kita ada hak orang lain.Ber bagilah.

Tidak perlu marah kesal bila kucing pernah mencuri lauk.Bisa jadi itu juga pengingat bagi kita yang jarang bersedekah atau berbagi.

Komentar

Komentar

Bagikan kepada yang lain...

Redaksi

Tentang Redaksi

ZonaGaul adalah zona menambah wawasan umum dan Islam buat pemuda-pemudi Indonesia