Mengapa burung tak kesetrum saat nongkrong di kabel listrik?

Burung bertengger

Burung bertengger

Sejak kecil, kita pastinya kerap diperingatkan oleh orang tua akan bahaya listrik, mulai dari menyentuh colokan listrik hingga kabel listrik yang terkelupas. Terlepas dari larangan itu, apakah Anda tidak penasaran mengapa burung tidak pernah kesetrum saat bertengger di atas kabel listrik?

Pasti kita tidak pernah mendengar bunyi kesakitan burung yang sedang tersetrum, bangkai dan bau burung gosong akibat tersetrum kabel tiang listrik.

Tidak hanya burung, hewan lain seperti tupai pun bisa dengan mudah berjalan di atas kabel listrik. Nah, berikut alasan hewan-hewan itu bisa selamat.

1. Kaki burung tak bisa tersengat listrik

Listrik adalah aliran elektron yang berjalan dalam konduktor, misalnya besi. Tetapi, untuk mengalirkan listrik ke rumah-rumah lewat kabel, konduktor yang biasa dipakai adalah kabel tembaga karena bahan ini bisa dengan mudah dilalui listrik.

Perlu diketahui bila listrik mengaliri bahan yang memiliki lebih sedikit hambatan. Dan burung tidak akan kesetrum karena kaki-kaki mungil mereka bukan konduktor yang baik. Alhasil, listrik lebih memilih terus mengaliri kabel listrik ketimbang kaki si burung.

2. Tersengat oleh satu kabel listrik hampir mustahil terjadi

Alasan kedua yang membuat burung tidak kesetrum adalah tidak adanya beda tegangan listrik di satu buah kabel yang di duduki oleh burung. Ini membuat listrik tidak mengalir ke tubuh si burung. Berbeda kasusnya bila si burung hinggap di dua buah kabel, maka secara langsung dia akan tersengat listrik dan mati.

Hal ini terjadi karena tubuh si burung akan menjadi jalan listrik untuk mencapai tanah atau tempat dengan tegangan yang berbeda (kawat lain pada tegangan yang berbeda, misalnya). Listrik memang bisa mengalir akibat adanya beda tegangan, dari tegangan tinggi ke rendah, mirip aliran air.

Inilah sebabnya mengapa kabel listrik cenderung dipasang tinggi di udara dengan banyak ruang antara kabel, agar tidak ada yang menyentuhnya atau kebel yang saling bersentuhan.

Contoh kasus ini yang sering dialami manusia adalah ketika tidak sengaja menyentuh kabel listrik aliran rendah ketika memakai sepatu karet. Tidak akan ada setruman listrik. Namun jangan pernah mencoba memegang kabel yang terkelupas dengan menyentuh tanah atau kabel lain, pasti Anda akan langsung tersengat listrik.

Sumber

Komentar

Komentar

Bagikan kepada yang lain...

admin

Tentang admin

Ikhwan.My.Id adalah portal pemuda Islam yang bermula dari Buletin al-Ikhwah pada tahun 2004 yang didirikan sebagai media dakwah pemuda Islam