Minum Empat Cangkir Kopi Dapat Lindungi dari Kanker Kulit

kopi

MINUM empat cangkir kopi sehari dapat melindungi dari melanoma ganas, satu jenis kanker kulit mematikan, demikian penelitian baru menyebutkan.

Orang yang menjadi obyek penelitian dan minum empat atau lebih cangkir kopi setiap hari, 20 persen lebih kecil kemungkinannya terkena melanoma ganas dibandingkan bukan peminum kopi, kata para peneliti.

“Hasil penelitian kami, dan beberapa dari studi baru lainnya, memberikan jaminan kepada konsumen kopi bahwa minum kopi bukanlah sesuatu yang berisiko,” kata peneliti Erikka Loftfield, seorang mahasiswa doktor di Yale School of Public Health. Ia juga pekerja di National Cancer Institute.

“Namun, hasil kami tidak merekomendasikan bahwa peminum kopi harus mengubah asupan kopinya,” kata Loftfield kepada Live Science.

Loftfield dan timnya menggunakan data dari studi jangka lama yang dilakukan National Institutes of Health bersama American Association of Retired Persons, dengan mengamati 447.357 pensiunan selama lebih dari 10 tahun.

Pada akhirnya, dalam kelompok ini, ada 2.904 kasus melanoma ganas (kanker yang menyebar di luar lapisan atas kulit), dan 1.874 kasus tahap awal melanoma, yang masih hanya pada lapisan atas kulit.

Responden menyebutkan tingkat konsumsi kopi mereka, serta faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi risiko kanker, seperti olahraga, asupan alkohol dan indeks massa tubuh.

Untuk memperkirakan paparan sinar Ultra Violet, para peneliti menggunakan data NASA untuk memperhatikan jumlah sinar matahari di kota masing-masing responden.

Setelah peneliti mengontrol faktor-faktor lain, minum kopi ternyata menjadi semacam anugerah: ada 55,9 kasus melanoma tahunan per 100.000 orang di antara mereka yang minum setidaknya empat cangkir sehari, dibandingkan 77,64 kasus per tahun per 100.000 orang di antara orang-orang yang tidak minum kopi.

Penelitian hanya mengamati konsumsi kopi berkafein, bukan tanpa kafein. Ada kemungkinan kafein itu sendiri bisa menjadi faktor protektif. Tapi juga bisa bersama beberapa senyawa lain yang ada dalam kopi berkafein yang melindungi terhadap melanoma ganas, dibanding tanpa kafein, kata para peneliti.

Studi ini dipublikasikan di Journal of the National Cancer Institute

Komentar

Komentar

Bagikan kepada yang lain...

Redaksi

Tentang Redaksi

ZonaGaul adalah zona menambah wawasan umum dan Islam buat pemuda-pemudi Indonesia