Ngeri Proses Soda di Tubuh 1 Jam Setelah Dikonsumsi

soda

Baca dulu agar paham minuman soda

Ngeri Proses Soda di Tubuh 1 Jam Setelah Dikonsumsi

10 menit pertama

10 sendok teh gula akan memasuki sistem tubuhmu (100% dari asupan harian yang dianjurkan.) Kamu nggak bakal mual atau memuntahkan minuman akibat rasa manis berlebihan karena asam fosfat menyamarkan rasanya sehingga membuatmu malah terus minum.

20 menit

Gula darahmu melonjak sehingga terjadi ledakan insulin. Hati merespon hal ini dan mengubah gula jadi lemak (masalahnya ada sangat banyak gula yang bakal diubah jadi lemak).

40 menit

Penyerapan kafein selesai. Pupilmu akan membesar dan tekanan darah naik. Ini karena hati yang nggak mampu mengubah semua gula jadi lemak, dan akhirnya membuang sisa gula ke dalam aliran darah.

45 menit

Tubuhmu meningkatkan produksi dopamine yang merangsang munculnya perasaan senang di pusat otak. Ini hampir sama dengan cara kerja heroin, yang sekaligus menciptakan ketergantungan.

60 menit

Asam fosfat mengikat kalsium, magnesium, dan zinc dalam usus sehingga metabolisme tubuh perlu bekerja keras. Hal ini diperparah dengan jumlah gula dosis tinggi dan pemanis buatan yang akan meningkatkan pembuangan kalsium lewat urin.

Setelah 60 menit

Sifat deuretik kafein membuatmu lebih sering buang air kecil. Bukan itu saja, nutrisi yang dibutuhkan tubuh juga jadi berkurang karena ikut terbuang.

Efek jangka panjang konsumsi soda

Selanjutnya, kamu akan terus merasakan efek nggak sehat. Mulai dari masalah gula, juga kemungkinan lain yang membuatmu jadi gampang marah, lebih lamban, mudah ngantuk, hingga nutrisi yang hilang. Misalnya kalsium yang dibutuhkan untuk menjaga tulang dan gigi tetap kuat.

Kesimpulannya, dalam penelitian Niraj Naik menemukan bahwa faktor pemicu banyak penyakit seperti obesitas, jantung dan diabetes ternyata berkaitan erat dengan fruktosa yang terdapat dalam makanan dan minuman olahan. Misalnya saja makanan cepat saji, permen, dan juga minuman soda.

Untuk solusi, Niraj Naik menganjurkan langkah sederhana melakukan perbaikan gaya hidup. Yaitu dengan mengganti konsumsi minuman bersoda dengan air dan lemon atau jeruk nipis di pagi hari, atau kapan pun menginginkannya. Ini secara langsung akan memberi efek dramatis pada perubahan kesehatan. Karena bagaimana pun, minuman bersoda dan gula merupakan masalah serius yang berkaitan dengan tekanan darah dan penyakit metabolik seperti diabetes dan penyakit jantung.

Masih mau minum soda?

Komentar

Komentar

Bagikan kepada yang lain...

admin

Tentang admin

Ikhwan.My.Id adalah portal pemuda Islam yang bermula dari Buletin al-Ikhwah pada tahun 2004 yang didirikan sebagai media dakwah pemuda Islam