Putin Resmikan Masjid Agung Rusia

Rusia dan muslim

Masjid Agung Rusia

MOSKOW – Masjid Agung baru di Kota Moskow dilaporkan telah resmi dibuka. Acara seremonial pembukaan itu dihadiri langsung oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Masjid tersebut sejatinya hasil renovasi dari Masjid Agung Moskow yang sudah berdiri sejak 1904.

Masjid Agung Moskow diketahui mengalami renovasi sejak 2005. Masjid itu sejatinya baru akan rampung tahun depan, namun Pemerintah Rusia memutuskan bahwa penyelesaian renovasi masjid harus dipercepat.

Proses renovasi Masjid Agung Moskow sendiri menghabiskan dana senilai USD170 juta atau setara Rp2,4 triliun. Luas bangunan masjid itu bertambah dua kali lipat menjadi 19 ribu meter persegi. Diperkirakan, masjid itu dapat menampung lebih dari 10 ribu jamaah.

“Saya yakin Masjid Agung ini akan menjadi pusat agama Islam bagi umat Islam di Moskow dan seluruh Rusia. Tempat ini juga akan menjadi sumber bagi pencerahan, pusat penyebaran ajaran Islam yang sebenarnya, akan mampu menyebarkan pengetahuan dan spiritualitas,” ujar Presiden Putin ketika meresmikan dibukanya masjid tersebut, seperti diberitakan Moscow Times, Rabu (23/9/2015).

“Masjid ini juga akan membantu untuk menyatukan upaya-upaya yang bukan hanya antarumat Muslim, tapi juga seluruh warga Rusia demi kepentingan bersama,” sambungnya.

Pemimpin Negeri Beruang Merah itu mengklaim Masjid Agung Moskow yang baru merupakan masjid terbesar bukan hanya di Rusia melainkan di seluruh Eropa.

Sumber

Komentar

Komentar

Bagikan kepada yang lain...

admin

Tentang admin

Ikhwan.My.Id adalah portal pemuda Islam yang bermula dari Buletin al-Ikhwah pada tahun 2004 yang didirikan sebagai media dakwah pemuda Islam