Saat Gerhana Bagusnya Ngapain?

Gerhana

Saat Gerhana Bagusnya Ngapain?

Gerhana bulan atau gerhana matahari adalah sebuah peristiwa yang langka terjadi.Sebagai tanda kebesaran Allah.

Banyak orang yang penasaran dengan fenomena unik ini.Apalagi di era digital dan era selfie.Sudah tentu banyak memanfaatkan momen ini untuk mengabadikan momen. Ada yang selfie,ada yang sekedar jepret ‘cekrek’, ada sekedar lihat ,ada pula yang memantau beritanya, ada juga yang lihat langsung secara live via streaming satelit NASA,bahkan belakangan ada yang mau mengadakan pesta (pora) saat gerhana.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan aktivitas-aktivitas itu kecuali yang pesta (pora) itu :) . Namun tahukah kita bahwa gerhana itu adalah bukti kekuasaan Allah :

وَسَخَّرَ لَكُمُ ٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ دَآئِبَيْنِ ۖ وَسَخَّرَ لَكُمُ ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ (٣٣)

“Dan Dia (Allah) telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang.” (QS. Ibrahim 14:33)

Gerhana itu telah diatur oleh Allah. Coba bayangkan; lalu lintas pesawat saja itu ada ACT yang mengatur lalu lintasnya di udara agar tidak terjadi kecelakaan atau tabrakan sehingga masing-masing pesawat bisa terbang pada jalurnya. Ini sekaligus bantahan bagi para ateis. Mustahil bila alam semesta dan isinya ini bisa terjadi dengan sendirinya.

Dalam surat dan ayat lain Allah berfirman,

وَمِنْ ءَايَٰتِهِ ٱلَّيْلُ وَٱلنَّهَارُ وَٱلشَّمْسُ وَٱلْقَمَرُ ۚ لَا تَسْجُدُوا۟ لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَٱسْجُدُوا۟ لِلَّهِ ٱلَّذِى خَلَقَهُنَّ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ (٣٧)

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah Yang menciptakannya, Jika Ialah yang kamu hendak sembah.” (QS. Al Fushilat 41:37)

Kalau kita sudah tahu hikmah dibalik terjadinya gerhana. Maka sebaiknya kita mengisi peristiwa gerhana dengan sholat gerhana tentunya bukan dengan pesta (pora) maksiat. Sungguh tragedi zaman ini banyak muslim-muslimah yang meninggalkan sholat gerhana dan lebih suka nonton gerhana . Entah karena belum paham atau yang lainnya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَافْزَعُوا إِلَى الصَّلاَةِ

Jika kalian melihat gerhana tersebut (matahari atau bulan) , maka bersegeralah untuk melaksanakan shalat.” HR. Bukhari no. 1047

Karena dari hadits-hadits yang menceritakan mengenai shalat gerhana mengandung kata perintah (jika kalian melihat gerhana tersebut, shalatlah: kalimat ini mengandung perintah).

Jadi, saat gerhana bagusnya ngapain?. Ya sholat gerhana. Semoga kita dimudahkan menegakkannya sebagai bukti keimanan kita dan kesyukuran kepada Allah Sang Pengatur Alam Semesta.Amiin

Komentar

Komentar

Bagikan kepada yang lain...

Redaksi

Tentang Redaksi

ZonaGaul adalah zona menambah wawasan umum dan Islam buat pemuda-pemudi Indonesia