Waspada!! 10 Makanan Palsu, Beras Plastik Sampai Bakpao Isi Kardus Dari China

10 Makanan Palsu, Beras Plastik Sampai Bakpao Isi Kardus Dari China

10 Makanan Palsu, Beras Plastik Sampai Bakpao Isi Kardus Dari China

Waspada!! 10 Makanan Palsu, Beras Plastik Sampai Bakpao Isi Kardus Dari China

Akhir-akhir ini tanah air di ramaikan dengan berita beras plastik yang beredar di beberapa kota besar di Indonesia. Kabarnya beras ini diproduksi di China, Saking penasaranya dengan isu yang beredar, saya mencoba surving di youtube. Ehh nemuin kaya begini, ngenes banget ngliatnya. Orang-orang yang merusak dunia, dengan berpikir jangka pendek. Inikan bahaya untuk kelangsungan hidup anak manusia. Mungkin si agen produksi memiliki misi khusus untuk memusnahkan manusia dari peradaban. Orang seperti ini mungkin cocoknya dimusnahkan dari muka bumi. Sory gaes kesel ane denger berita yang model begini. *emosi…

1. Beras Plastik 

Setelah di teliti di salah satu laboratorium khusus makan yang ada di Indonesia ternyata beras plastik mengandung Senyawa Polyvinyl yang sanagat berbahaya bagi kesehatan. Mungkin tak ada yang menyangka, beras bisa dipalsukan. Namun, oknum pengusaha di China bisa melakukannya. Beras tersebut diduga sudah beredar di sejumlah negara. Situs media Singapura, The Straits Times mengabarkan, beras plastik tersebut telah menyebar di Asia, terutama India, Indonesia, dan Vietnam.

Selain beras plastik ternyata ada juga makanan palsu lain yang beredar, biar nggak penasaran langsung saja ini dia infonya :

2. Tikus Rasa Daging Kambing

Tak hanya beras, oknum penjual nakal di Tiongkok juga memalsukan daging. Mereka menambahkan bahan-bahan kimia pada daging tikus, musang, dan rubah, lalu menjualnya sebagai daging kambing. Untuk membedakanya adalah Pada daging asli bagian merah dan putih tak terpisahkan meski dirobek dengan tangan atau direbus serta dimasak. Hal sebaliknya akan terjadi pada daging palsu dan Kebanyakan orang tak bisa membedakannya.

3. Tahu Kimia

Aparat China menutup dua pabrik tahu di Wuhan, Provinsi Hubei gara-gara menjual tahu palsu yang dibuat dari bahan-bahan kimia. Seorang pekerja mengaku mereka mencampurkan protein kedelai dengan tepung, monosodium glutamat, pigmen, dan es serta cairan rongalite. Cairan itu dianggap bisa membuat tahu makin kenyal dan penampakannya putih terang dan bisa memicu kanker.

4. Marus Darah Bebek

Marus adalah darah bebek yang dibekukan dan dimasak, makanan ini adalah lauk pauk yang populer di China. Darah bebek dipanaskan hingga padat dan dipotong kotak-kotak. Namun ada saja penjual nakal yang membuat marus dengan darah murah seperti darah babi dan kerbau yang dicampur dengan formalin, dijual sebagai marus darah bebek.

5. Madu Palsu

Ada 2 tipe madu palsu. Pertama, campuran madu asli dengan sirup gula. Yang kedua, sama sekali tak mengandung madu dibuat dari campuran air, gula, tawas, dan pewarna. Polisi menggerebek sejumlah pabrik madu palsu, sebanyak 38 ember cairan cokelat (madu) disita dari China. Padahal, China adalah salah satu produsen madu terbesar di dunia, yang produknya diekspor ke negara lain.

6. Air Minum Kemasan Terkontaminasi

Polisi di Tiongkok mengungkap penipuan air minum kemasan dengan modus mengisi botol plastik merek tertentu dengan air keran atau air yang diolah sekenanya lalu dikemas dengan standar yang sama, yang digunakan perusahaan air minum kemasan asli. Di botol yang digunakan merek palsu, ditemukan kandungan bakteri Ecoli dan kandungan jamur berbahaya.

7. Bihun dari Pakan Ternak

Pengusaha nakal di China memproduksi mi beras atau bihun menggunakan biji-bijian busuk, basi, dan berjamur, yang biasanya digunakan untuk pakan ternak. Tak hanya itu, bijirin tak layak makan itu dicampur dengan zat-zat kimia pemicu kanker seperti sulfur dioksida.

Dan tak hanya satu perusahaan. “Ada hampir 50 pabrik di Kota Dongguan yang melakukan hal serupa. Mereka menghasilkan 500 ribu kilogram mi beras per hari,” demikian dilaporkan Beijing Youth Daily.

8. Wine Palsu

Wine palsu atau oplosan adalan masalah serius di China. China Central Television (CTV) melaporkan, setengah dari arak yang dijual di Tiongkok adalah palsu belaka. Mereka yang ada dalam bisnis tersebut juga yakin, 90 persen wine mahal yang dijual di sana tak asli. Pemalsuan wine sebenarnya sangat sederhana. Produsen nakal membuat kemasan yang sangat mirip nama, label, dan desain botol dari merek terkenal. Lainnya mengumpulkan botol-botol bekas merek ternama dan mengisinya dengan arak murahan. Saat penggerebekan sindikat pembuat arak palsu, polisi di China menemukan lebih dari 40 ribu botol wine palsu yang nilainya lebih dari US$ 32 juta.

9. Kepiting Bulu Yancheng

Kepiting bulu Yangcheng adalah kepiting paling mahal di China. Jadi, tak heran sebagian orang berusaha memalsukannya. Kepiting yang asli berasal dari Danau Yangcheng. Sebagian produsen nakal mengambil air dari Danau Yancheng dan memasukkan sejumlah kepiting biasa ke dalamnya lalu menjualnya sebagai kepiting Yancheng. Lainnya menggunakan bahan-bahan kimia untuk membuatnya mirip kepiting mahal.

10. Bakpao Campuran Kardus

Pada tahun 2007 lalu sempat muncul pemberitaan tentang bakpao isi kardus roti kukus yang diisi campuran kardus, bahan kimia, dan perisa daging babi, sehingga tekstur dan rasanya mirip daging. Investigasi yang dilakukan CTV menunjukkan video penjual membuat roti kukus, yang disebut baozi, dengan isi kardus. Kardus tersebut mula-mula dicampur dengan soda kaustik yang digunakan dalam produksi sabun dan kertas dan kemudian dipotong sebelum dicampur dengan daging babi dan bumbu.

Komentar

Komentar

Bagikan kepada yang lain...

admin

Tentang admin

Ikhwan.My.Id adalah portal pemuda Islam yang bermula dari Buletin al-Ikhwah pada tahun 2004 yang didirikan sebagai media dakwah pemuda Islam